Wednesday, August 10, 2011

as simple as K.A.I

Ada cerita di balik nama Kai yg panjangnya aujubile itu. Di awal pernikahan, kadang gw dan Dhanes suka iseng browse nama anak di internet, walaupun pada saat itu rencana untuk hamdun aja blom karena tadinya kita pengen pacaran dulu barang setahun sebelum memutuskan untuk punya anak. Apa dikate, luluh aja lho gw ngeliat sepupunya Dhanes ngegendong bayi, looked somewhat exhausted...tapi ketutup sama rasa super excited karena punya darah daging sendiri. So, there I went on our 5th month of marriage, bragging to Dhanes every single day for a baby :) Okeh, cerita ini kayanya harus dibuat judul sendiri ya, boo...

Balik ke tentang nama Kai...

Katanya, nama adalah do'a dan harapan orang tua untuk anaknya. Nah, gw udah dengan pemikiran itu donk, sementara dari awal Dhanes udah bilang pengen panggilan anaknya "Kai" klo anaknya laki2. Alasannya pada saat itu cukup bersahaja, "Anaknya Rooney namanya Kai, kayanya unik aja, gitu...". Oh well, what do you expect from Dhanes? A sophisticated philosophical meanings? Ngarep.com.

Singkat cerita, gw tetep setuju dengan panggilan itu karena simple dan ternyata punya banyak arti yg bagus dari berbagai bahasa. Terus kita browse nama dengan kata depan "Kai" dalam bahasa sanskrit. Kenapa sanskrit? Karena nama Dhanes juga diambil dari bahasa sanskrit dan kebetulan gw juga suka hal yg berbau a-hem, India, kecuali bau ketinya lho ya. Pada saat itu kita nemu 2 pilihan: Kaivalya dan Kairava. In the end, Kairava is the chosen one. Artinya, "born from the water; white lotus", mengambil filosofi bunga lotus -bunga yg dapat tumbuh indah dan sempurna di lumpur sekalipun- dengan harapan Kai dapat menjadi manusia yg berhasil dan selalu berkecukupan dalam kondisi apapun.

Selanjutnya, untuk menentukan 2 nama tambahan di belakang Kairava, gw dan Dhanes sempat terjebak dalam debat panjang sampai gw harus buat presentasi (dalam keynote!!), simply to list down the choices and whether it would makes sense when combined. Dalam prosesnya, banyak nama yg akhirnya gugur dan akhirnya ketemulah 2 nama sakti bin keramat itu: Akhtar, yg artinya "a star; a good man" dan Kautsar, yg diambil dari surat pendek yg paling sering Dhanes baca pas jadi imam hehehehe di Al-Qur'an - Al-Kautsar - "nikmat yg banyak; peringatan akan nikmat berlimpah yg sudah Allah berikan".

Akhirnya, jadilah Kairava Akhtar Kautsar :)
Artinya... Manusia yg berhasil dan selalu berkecukupan dalam kondisi apapun, tumbuh menjadi laki2 yg baik, serta menjadi pengingat bagi orang tuanya akan nikmat berlimpah yg sudah diberikan (berupa anak itu sendiri, hehe).

Ga ribet kan? Cuman itu do'a gw buat Kai:
  1. Insya Allah dalam kondisi seburuk apapun bisa menjadi anak yg berhasil dan tidak kurang satu apapun,
  2. Menjadi laki2 yg baik. Titik.
Sisanya lebih sebagai fungsi Kai sebagai "pengingat" untuk gw dan Dhanes sebagai orang tua: udah dikasih nikmat berupa anak nih, kurang apalagi? Masih maw mangkir sholat? :p

Sayangnya keinginan gw dan Dhanes untuk menamakan anak pertama kita ini harus buyar sudah karena nyokap gw pengen nyumbang nama "Mokhammad" dan supaya adil kita minta orang tua Dhanes untuk nyumbang juga... dapetlah "Nayaka", bahasa sanskrit yg artinya "a leader". Klo digabung, keduanya berarti "Seorang pemimpin yg mulia dan terpuji".

Nah, dapet sumbangan 2 nama gitu akhirnya kita harus kreatif dikit dengan mengutak-katik nama temuan kita, karena ga mungkin kaaan anak gw pake 5 kata?? Mau jadi Mokhammad Kairava Akhtar Nayaka Kautsar?? Ih, ribet ajee... Tapi ga rela juga untuk memilih 1 dari 3 nama yg udah susah payah kita rangkai.

Alhasil, dengan menggunakan keahlian gw dalam meng-invent sebuah nama (tsaaaaaah), Kairava dan Akhtar disatukan menjadi "Kaivatar". I couldn't be more proud, this is the best name I've ever invented (mau ketawa gw, lebay abis)...plus, it doesn't change the meaning of Kairava Akhtar yg notabene do'a dan harapan kita buat Kai tadi. Terus, Kautsar tetep kita ikut sertakan dan ga kita utak-atik karena gw dan Dhanes udah terlanjur jatuh cinta sama meaningnya, plusss gw ga bisa bayangin Kairava + Akhtar + Kautsar digabungin... Jadi Katasar, gitu? Kaya Katarak ya, boo...

So, there you go, Kai... 4 kata - Mokhammad Nayaka Kaivatar Kautsar.

:)

Ps. Bear with us ya, Kai... Itu adalah do'a dan harapan Papa+Mama, Mpa+Nta dan Opakung+Eyanguti. Mudah2an ga memberatkan Kai di depannya yah... Just remember I only want you to become a good man and find happiness in anything you do. Love you full. 

No comments: